Bawaslu Kota Yogyakarta Permudah Masyarakat Peroleh Informasi yang Efektif

44

Bawaslu adalah lembaga yang mengawasi jalanya Pemilihan Umum di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai badan publik yang bersifat netral, Bawaslu meyadari adanya kewajiban untuk memberikan akses informasi yang transparan dan bertanggung jawab. Secara tidak langsung dan mau tak mau, Bawaslu terus mentransformasikan dirinya menjadi lembaga yang transparan dan partisipatif.

 

Sehubungan dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi yang optimal kepada masyarakat, Bawaslu Kota Yogyakarta sebagai badan publik berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses informasi Pengawasan Pemilu di Indonesia. Bersama layanan Publik Online ini, kami berusaha dapat memenuhi hak masyarakat atas informasi publik yang cepat, akurat dan efektif. Guna mempermudah akses publik untuk memperoleh informasi publik di lingkungan Bawaslu Kota Yogyakarta. Selanjutnya  dibawah koordinasi divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga, dan Hubungan masyarakat (PHHL) teknik pelayanan informasi publik dilakukan oleh bagian Humas dan Hubungan antar lembaga, serta didukung oleh subbagian Publikasi dan Dokumentasi.

 

Bawaslu Kota Yogyakarta secara konsisten berupaya terus meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan instansi. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan namun masih terdapat pihak yang belum memahami keterbukaan informasi secara komprehensif. Selain waktu pelayanan informasi, indikator lainya  adalah lambatnya publikasi mengenai informasi yang masuk kategori informasi serta merta, belum tersusunya  Daftar Informasi Publik (DIP) secara lengkap.

Share.

Leave a Reply