Bawaslu Yogyakarta : Meraih Perhatian Masyarakat dengan Informasi dan Berita

30

Bawaslu Kota Yogyakarta selain memiliki fungsi pengawasan juga memiliki fungsi kehumasan, keterbukaan informasi dan pendidikan politik. Untuk memperkuat fungsi ini Bawaslu Kota Yogyakarta mengikuti Bimtek Kehumasan, Penulisan Berita dan Pengelolaan Website yang diinisiasi oleh  Bawaslu DIY dengan tujuan agar Bawaslu Kabupaten/ Kota Se DIY mampu mengemas informasi semenarik mungkin dan menyebarkan ke masyrakat melalui media sosial dan website.

Acara Bimtek Kehumasan, Penulisan Berita dan Pengelolaan Website Bawaslu DIY  diadakan selama dua hari di Inside Hotel Maguwoharjo, 10-11 Oktober 2019 diisi dengan materi yang sangat menarik yaitu  Dasar Jurnalistik, Ruang Lingkup dan Kode etik Oleh Ketua AJI Yogyakarta, Manajemen Pengelolaan Website dalam Pemberitan Lembaga oleh Kepala Suku Mojok.co, Teknis Pemulisan Berita Online oleh M. Ja’Farudin dari Jogjakartanews dan Kaidah serta Tekhnis Fotografi Jurnalistik.

Menurut Puthut EA, kepala suku Mojok.co, sudah saatnya Bawaslu merangkul masyarakat dengan tulisan yang berisi konten yang menarik . Dari konten-konten tersebutlah nantinya masyarakat akan mendapatkan informasi terkait Bawaslu dan Kepemiluan.


Koordiv Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samodro menyatakan, Bawaslu Kota Yogyakarta mengikuti acara Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas kinerja kehumasan di institusinya.

Yang paling penting adalah  mengetahui dasar-dasar jurnalistik, ruang lingkup produk dan kode etik. Selain itu juga soal manajemen pengelolaan website dalam pemberitaan lembaga, teknik penulisan berita online, teknik reportase, serta teknik Wawancara.

“Dengan demikian bisa menghasilkan berita yang layak, menarik dan informasi yang berbobot untuk masyarakat tak terkecuali kaum milenial,” ujarnya

 

Share.

Leave a Reply