Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KOTA YOGYAKARTA TUTUP PENDAFTARAN PANWASCAM. 54 PENDAFTAR SIAP IKUTI TAHAP SELANJUTNYA

Proses Penerimaann Pendaftaran Panwascam

Proses Penerimaan Pendaftaran Panwascam di Kantor Bawaslu Kota Yogyakarta

Yogyakarta, Rabu 8 Mei 2024 – Bawaslu Kota Yogyakarta secara resmi menutup pendaftaran seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Yogyakarta Tahun 2024 pada hari Selasa 7 Mei 2024 tepat pukul 23.59 WIB. 

Dalam keterangannya, Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala mengatakan antusiasme masyarakat cukup tinggi khususnya di hari terakhir pendaftaran, tercatat total sebanyak 54 orang pendaftar dengan rincian 30 laki-laki dan 24 perempuan dari total kebutuhan sebanyak 15 orang. ”Jumlah ini sudah melebihi 2 kali kebutuhan, selain itu untuk keterwakilan perempuan di setiap kecamatan juga sudah terpenuhi, selanjutnya kami akan melakukan verifikasi administrasi”, sambung Andie. 

Sesuai dengan pedoman teknis pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan tahun 2024, dengan terpenuhinya jumlah pendaftar ini maka dipastikan Bawaslu Kota Yogyakarta tidak membuka perpanjangan masa pendaftaran. Selanjutnya dari 54 pendaftar tersebut akan diumumkan hasil penelitian berkas administrasi tanggal 12 Mei 2024. 

Kemudian peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mengikuti tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei 2024. ”Kami telah mempersiapkan tempat untuk tes tertulis ini. Nantinya tes tertulis dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh peserta dan masyarakat umum saat peserta telah selesai menegerjakan tes”, ungkap Andie.

 Andi berharap Panwascam yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan integritas dan profesionalisme untuk mengawasi jalannya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Yogyakarta dengan adil dan penuh integritas. Kedepan Bawaslu Kota Yogyakarta juga akan melakukan rekrutmen calon pengawas Kelurahan/Desa di wilayah Kota Yogyakarta. Sama seperti seleksi calon Panwascam, rekrutmen PKD juga terbuka untuk semua lapisan masyarakat tentunya dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Bagi masyarakat yang berminat menjadi pengawas Kelurahan/Desa dapat update informasinya di laman resmi, dan media sosial Bawaslu Kota Yogyakarta. 

 

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Yogyakarta

 Jl. Nyi Ageng Nis No.544 Peleman Rejowinangun Kotagede Yogyakarta 55171

Humas Bawaslu Kota Yogyakarta