Lompat ke isi utama

Berita

MENJELANG AKHIR MASA JABATAN PENGAWAS ADHOC, BAWASLU KOTA YOGYAKARTA LAKUKAN TINJAUAN KINERJA PANWASLUCAM SE-KOTA YOGYAKARTA

Bawaslu Kota Yogyakarta Menyerahkan Penghargaan 6 Kategori Panwaslucam Terbaik

Bawaslu Kota Yogyakarta Menyerahkan Penghargaan 6 Kategori Panwaslucam Terbaik

Yogyakarta, Jumat 5 April 2024 – Bawaslu Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu dengan tema Tinjauan Kinerja Pengawas Adhoc: Menguji Efektivitas Pengawasan Pemilu di Tingkat Kecamatan. Bertempat di Tara Hotel Yogyakarta, kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada Kamis-Jumat, 4-5 April 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslucam se-Kota Yogyakarta, Koordinator Sekretariat dan Staf Sekretariat Panwaslucam se-Kota Yogyakarta, jajaran Bawaslu Kota Yogyakarta, Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, dan Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala meminta seluruh Panwaslucam untuk membuat laporan akhir kinerja Panwaslucam selama periode jabatan Oktober 2022 hingga April 2024. “Bapak/Ibu masih memiliki waktu untuk memperbaiki draft laporan hingga tenggat waktu pengumpulan laporan pada 20 April 2024,” ujar Andie.

Ketua Bawaslu D.I. Yogyakarta Mohammad Najib turut hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan ini. “Berbicara tentang aspek kinerja maka menyangkut tentang SDM. Untuk menjadi pengawas yang tajam, maka seorang pengawas harus terus menerus diraut, dilatih, dan berani sakit seperti pensil yang diraut agar menjadi tajam. Seorang pengawas harus tau cara main, mengerti dan paham regulasi. Seorang pengawas harus tepat waktu dan tidak terlambat agar tidak tertinggal,” tegasnya. 

Bawaslu Kota Yogyakarta menghadirkan 3 (tiga) orang pembicara pada kegiatan ini yakni Bagus Sarwono (Ketua Bawaslu DIY periode 2017-2022) yang memaparkan materi Membangun Transparansi dan Akuntabilitas Pemilu pada Pengawas Pemilu Adhoc, dilanjutkan Muh. Amir Nashiruddin (Anggota Bawaslu DIY periode 2017-2022) yang membicarakan tentang Kolaborasi Sinergis : Membangun Kemitraan Untuk Peningkatan Pengawasan Pemilu, serta Ardy Syihabuddin (INRES Institute) yang membahas mengenai Peran Kritis Pengawas Adhoc dalam Memastikan Integritas Pemilu di Tingkat Kecamatan.

Pada penghujung acara, Bawaslu Kota Yogyakarta menganugerahkan 6 (enam) penghargaan kepada jajaran Panwaslucam Kota Yogyakarta. Penghargaan diberikan kepada Panwaslucam Wirobrajan (Kerja Sama Tim Terbaik), Panwaslucam Tegalrejo (Pelaporan Hasil Pengawasan Terbaik), Panwaslucam Pakualaman (Penanganan Pelanggaran Terbaik), Panwaslucam Danurejan (Pengelolaan Data Informasi Terbaik), Panwaslucam Umbulharjo (Pelaporan Keuangan Terbaik), dan Panwaslucam Kraton (Fasilitasi Operasional Pengawasan Terbaik).

 

 

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Yogyakarta

Jl. Nyi Ageng Nis No.544 Peleman Rejowinangun Kotagede Yogyakarta 55171

 

Humas Bawaslu Kota Yogyakarta